Minggu, 06 Maret 2016

REAKTIF DAN PROAKTIF

Tugas 3 Leadership


1.       Pengertian REAKTIF dan PROAKTIF

      REAKTIF adalah suatu tindakan seseorang yang memiliki respon terhadap suatu hal atau yang disebut dengan STIMULUS atau sebuah rangsangan. Orang yang memiliki sikap reaktif memiliki sikap seperti berikut ini:
·         Orang yang memiliki sikap selalu tergantung kepada orang lain atau selalu megandalkan orang lain.
·         Memiliki sikap yang kurang bertanggungjawab terhadap pekerjaan yang diberikan kepada dia sendiri.
·         Tidak memiliki inisiatif untuk melakukan hal-hal yang benar dihadapan orang lain bahkan setelah orang lain mengambil inisiatif tersebut.
·         Memiliki sikap yang selalu menyalahkan orang lain, dia berfikir bahwa tindakan yang dia lakukan itu selalu benar sedangkan tindakan yang dilakukan orang lain itu salah.
·         Memiliki sikap yang pantang menyerah dan ceroboh dalam mengambil keputusan.

PROAKTIF adalah suatu tindakan seseorang yang memiliki banyak tindakan yang mengarah ke hal-hal yang positif. Orang yang Proaktif selalu memiliki rangsangan, kesadaran diri, imajinasi, suara hati, kehendak bebas serta memiliki respon akan tetapi dia memiliki suatu PILIHAN untuk melakukan suatu hal yang bernilai positif.
Berikut ini adalah sikap seseorang yang Proaktif:
ü  Memiliki sikap yang mandiri, dia itu mampu dalam menghadapi dan menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa bergantungan kepada orang lain.
ü  Memiliki sikap yang selalu bertanggungjawab terhadap pekerjaan ataupun tugas yang diberikan kepada dia dan mampu menyelesaikannya dengan baik dan benar.
ü  Selalu  memiliki inisiatif untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar sebelum orang-orang yang ada disekitarnya melakukan inisiatif tersebut.
ü  Memiliki sikap yang tidak mau menyalahkan orang lain, meskipun masalah yang muncul itu disebabkan oleh dirinya sendiri.
ü  Memiliki sikap yang pantang meyerah, peduli dan dan selalu mempunyai semangat  yang kuat.

2.        Menyelidiki apakah saya REAKTIF atau PROAKTIF dalam minggu ini.

A.      Reaktif
Contoh REAKTIF yang saya alami dalam satu minggu ini adalah:
1.       Saya malas menulis mata kuliah yang ditulis oleh dosen, dan saya berkata “kenapa mata kuliahnya kita tidak fotocopy aja, Kan kita ngak capek-capek menulis”.
2.       Saya merasa malas untuk bangun tepat jam 5 karena saya libur besoknya, akan tetapi seharusnya saya bangun jam 5 agar saya bisa melaksanakan ibadah pagi.
3.       Saya menyalahkan orang lain karena saya kurang sabar akan paket yang saya tunggu-tunggu tak kunjung datang kerumah. 
  
B.      Proaktif
Contoh PROAKTIF yang saya alami dalam satu minggu ini adalah:
1.       Saya bisa bertanggungjawab akan apa yang saya lakukan, contohnya saya bisa memanfaatkan dan mengatur waktu saya dengan baik sehingga saya kekampus selalu tidak terlambat.
2.       Memberikan sesuatu kepada orang yang membutuhkan, contohnya memberikan makanan kepada teman yang kekurangan. Serta saya juga berinisiatif untuk membayar ongkos pulang kerumah meskipun sebelumnya saya dan teman-teman sudah sepakat untuk mengumpulkan uang dan setelah sampai ujung-ujungnya saya yang bayar.
3.       Kesalahan yang saya lakukan dalam minggu ini adalah saya kalau sudah malas masak maka saya akan tidak makan, seharusnya saya rajin masak agar saya bisa makan. Saya tentunya menyalahkan diri saya sendiri bukan menyalahkan orang lain karena yang lapar bukan orang lain tetapi saya sendiri.
4.       Mencari pekerjaan part time diluar sana untuk mengisi waktu luang saya. Saya sangat mengharapkan pekerjaan part time itu sekarang.
5.       Melakukan inisiatif sebelum orang lain melakukan inisiatif tersebut, contohnya dalam hal memasak nasi, saya menanak nasi tanpa perintah dari teman karena saya juga nantinya akan membutuhkan nasi itu. Oleh karena itu saya menanak nasi tanpa menunggu teman-teman lainnya menanak nasi. Sebelum belajar, saya menanak nasi dulu, karena tidak terasa lama menunggu apabila menanaknya sambil mengerjakan tugas.

3.       REAKTIF dan PROAKTIF dilingkungn sekitar

v  REAKTIF
ü  Tidak bertanggungjawab akan waktu yang dimilikinya.
Contoh : kebanyakan orang banyak sekali meluangkan waktunya untuk bermain game, sampai-sampai mereka lupa akan segala tugas dan tanggungjawabnya sendiri. Saya melihat ada beberapa teman saya yang termasuk dalam hal ini. Mereka selalu main game sehingga mereka lalai akan tugasnya.

ü  Tidak memiliki inisatif untuk membantu teman yang lagi sakit.
Contohnya :  saya melihat waktu di rumah sakit ada orang yang ditugaskan keluarganya untuk menjaga saudaranya yang lagi sakit. Namun di rumah sakit dia itu tidak melakukan hal yang benar dan bersifat membantu saudaranya yang lagi sakit. Dia kerumah sakit hanya untuk menikmati fasilitas rumah sakit aja, seperti menonton televisi dan memakan makanan saudaranya yang sakit apabila saudaranya itu tidak memakan makanannya.

ü  Tidak memiliki sikap solidaritas terhadap teman sendiri.
Contohnya: ada teman saya yang tidak memiliki sikap solidaritas terhadap teman saya yang lagi sakit. Teman saya ini lagi sakit, kemudian teman saya yang satu ini tidak pernah memiliki sikap kepedulian untuk menjenguk teman saya yang lagi sakit ini ke rumah sakit.
  
ü  Selalu mengandalkan orang lain.
Contohnya : Saya memiliki seorang teman yang selalu mengandalkan orang lain, ini dalam hal sampah. Setiap kali tempat sampah sudah penuh hanya ada beberapa orang saja yang selalu membuang sampah itu. Sedangkan teman saya yang satu ini tidak mau bangat untuk membuang sampah itu, dia selalu mengandalkan orang lain.

v  PROAKTIF
Ø  Bertanggungjawab akan tugas yang diberikan.
Contoh : Saya memiliki seorang teman yang selalu tepat waktu dalam mengumpulkan  tugas yang diberikan oleh dosen-dosen. Dia itu sangat patut untuk dicontohi.

Ø  Memiliki sifat yang bisa mengatur waktu dengan baik.
Contohnya : Saya dalam 1 minggu ini sering melihat banyak sekali orang yang mengatur waktunya dengan baik, yaitu semua teman kelas saya apalagi pada saat mata kuliah KEPEMIMPINAN, jarang sekali teman-teman dan saya  yang  terlambat ke kampus.








Terimakasih sudah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat.


















12 komentar:

  1. Lalu menurut anda manakah yang lebih baik, dan kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas proaktif lah karena tindakan proaktif itu suatu tindakan yang mengarah ke hal hal positif.di baca dan di pahami makanya mbak

      Hapus
  2. Dan pembahsan itulah sngat bermaaf bgi kta smua

    BalasHapus
  3. Contoh:apabila ad orng yg kesulitan trhdpat dia lakuakan dan dia tdk bsa melakukannya kta lah hrus membantux

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas pembahasannya , ini sangat membantu .

    BalasHapus
  5. daftar pustakanya ada gak ?

    BalasHapus
  6. Terimakasih sangat bermanfaat sekali⭐

    BalasHapus